BALI RICE TERRACE

Home Angkul Angkul Bali Angkul Angkul Bali Minimalis Untuk Konsep Rumah Masa Kini
     5 / 10 Reviews
406 view
Kontak Untuk Tanya Detail Tentang Angkulangkul :
Hubungi Via Telphone
Hubungi Via Whatsapp

Angkul Angkul Bali Minimalis Untuk Konsep Rumah Masa Kini

Pembuatan rumah di Bali kini banyak mengusung konsep minimalis, alasannya tak lain karena harga tanah yang tiap tahunnya melonjak tinggi. Hal ini juga menjadi alasan mengapa desain Angkul Angkul Bali Minimalis kini diminati.

Angkul-angkul dengan konsep minimalis kini banyak diterapkan oleh orang-orang khususnya yang mempunyai tanah sempit di daerah perkotaan. Konsep minimalis tentu akan membuat tampilan rumah menjadi optimal walaupun lahan yang ada tidak begitu luas.

Desain Angkul-Angkul Minimalis

Angkul Angkul Minimalis Terbaru
Angkul Angkul Minimalis Terbaru

Desain Angkul-Angkul Bali Minimalis ini dibuat dengan tampilan yang lebih simple. Bila anda sering menemukan bangunan angkul-angkul dipenuhi dengan ukiran-ukiran tradisional, maka pada angkul-angkul minimalis ini mungkin ukiran-ukiran tersebut lebih sedikit atau jarang untuk ditemukan.

Tampilan memang sengaja dibuat lebih simple. Terkadang bagian atasnya sering dibuat datar tanpa adanya atap yang terbuat dari bahan ijuk, genteng, atau alang-alang.

Angkul Angkul Minimalis Bali
Angkul Angkul Minimalis Bali

Bagian atas angkul-angkul biasanya dihiasi dengan tanaman-tanaman rambat hias. Hal ini dilakukan dengan untuk menambahkan nuansa hijau alami pada rumah.

Namun, untuk yang ingin lebih tetap menonjolkan nuansa Bali pada bangunan angkul-angkul minimalis ini. Beberapa ornamen-ornamen seperti patung dwarapala dan aling-aling tetap ini tetap diadakan.

  1. Patung Dwarapala

    Angkul Angkul Rumah Minimalis
    Angkul Angkul Rumah Minimalis

Patung Dwarapa merupakan patung khas Bali yang berwujud raksasa yang memegang senjata gada dan berpose seperti penjaga di kedua bagian sisi pintu. Masyarakat Bali juga sering menyebut dua patung sebagai Apit Lawang.

  1. Aling-Aling

    Angkul Angkul Minimalis Batu Alam
    Angkul Angkul Minimalis Batu Alam

Aling-Aling merupakan bangunan tembok kecil yang dibuat sebagai pembatas area pekarangan rumah dan bangunan angkul-angkul. Fungsinya dipercaya sebagai penghalang aura-aura negatif agar tidak masuk ke pekarangan rumah.

Agar bisa menjadi penghalang tentu harus dibuatkan upacara tertentu terlebih dahulu. Masyarakat Bali biasanya membuat upacara untuk semua bangunan setelah selesai pembuatan. Tujuan untuk berdoa agar bangunan yang dibuat dapat memberi positif bagi pemiliknya.

Ukuran Angkul-Angkul Minimalis

Angkul Angkul Minimalis
Angkul Angkul Minimalis

Ukurang angkul-angkul dulunya dibuat dengan lebar orang dewasa yang bercakak pinggang. Namun, saat ini ukuran angkul-angkul sangat beragam mulai dari ukuran lebar agar bisa dilalui kendaraan beroda dua hingga kendaraan beroda empat.

Tidak ada standar yang pasti untuk ukuran bangunan angkul-angkul ini, umumnya dibuat menyesuaikan kebutuhan bagi pemiliki rumah. Baik itu agar bisa dilewati kendaraan sepeda motor ataupun agar dapat dilalui kendaraan sepeda motor.

Angkul Angkul Minimalis Modern
Angkul Angkul Minimalis Modern

Sekarang kembali sesuai selera anda, sebelum pembuatan pastikan untuk membuat perencanaan yang matang mengenai desain dan ukuran angkul-angkul yang akan dibuat agar hasilnya memuaskan.

Share To :



Hubungi Via Whatsapp